Review 20 Jurnal tentang “Artificial Intelligence”
Pendahuluan
Artificial Intelligence (AI) telah
menjadi topik yang sangat penting dan menarik dalam beberapa dekade terakhir,
membawa perubahan revolusioner di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan,
industri, dan transportasi. Teknologi AI, yang mencakup pembelajaran mesin
(machine learning), pemrosesan bahasa alami (natural language processing), dan
jaringan saraf tiruan (artificial neural networks), telah memungkinkan sistem
untuk belajar dari data, membuat keputusan secara mandiri, dan melakukan
tugas-tugas yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh manusia. Penggunaan AI
yang semakin meluas menimbulkan berbagai peluang dan tantangan baru, mulai dari
peningkatan efisiensi operasional hingga isu-isu etika dan keamanan. Review ini
bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai aspek AI, termasuk perkembangan
terbaru, aplikasi praktis, serta dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkannya.
Jurnal 1
“Analisa Pengaruh Implementasi
Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia” Karya Roida Pakpahan
Jurnal ini membahas tentang dampak
kecerdasan buatan (AI) pada masyarakat. AI menjadi semakin canggih dan
memengaruhi banyak bidang kehidupan, termasuk sektor sosial, bisnis, ekonomi,
dan kesehatan. AI memiliki potensi untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan
kualitas hidup manusia, seperti dengan mengembangkan perawatan medis baru,
menciptakan sistem transportasi yang lebih aman dan efisien, dan melindungi
lingkungan.
Namun, AI juga dapat menimbulkan
beberapa tantangan. Salah satu kekhawatiran utama adalah potensi hilangnya
pekerjaan, karena mesin menjadi mampu melakukan tugas yang saat ini dilakukan
oleh manusia. Selain itu, AI juga dapat menimbulkan bias algoritmik dan
penyalahgunaan untuk tujuan jahat. Oleh karena itu, penting untuk
mempertimbangkan implikasi etis dan sosial dari pengembangan dan penggunaan AI.
Secara keseluruhan, jurnal ini
menyimpulkan bahwa AI memiliki potensi untuk membawa manfaat yang signifikan
bagi masyarakat, tetapi juga penting untuk menyadari dan mengatasi tantangan
yang terkait dengan pengembangan dan penggunaannya. Penting bagi manusia untuk
beradaptasi dengan dunia yang semakin dipengaruhi oleh AI dengan mengembangkan
keterampilan baru, seperti kreativitas, kecerdasan emosional, dan kemampuan
untuk bekerja sama dengan mesin.
Jurnal 2
“PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN
DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN” Karya Franycia Maria Pangkey, M.
Furkan, Lalu Edy Herman
Jurnal ini membahas tentang pengaruh
Kecerdasan Buatan (AI) dan Pemasaran Digital terhadap minat beli konsumen.
Studi ini berfokus pada milenial dan layanan transportasi Gojek. Penelitian ini
menyelidiki bagaimana AI dan Pemasaran Digital memengaruhi minat beli. Temuan
menunjukkan bahwa baik AI maupun Pemasaran Digital memiliki efek positif.
AI dapat digunakan untuk
mempersonalisasi pengalaman pelanggan dan memberikan rekomendasi yang relevan.
Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong pembelian.
Pemasaran Digital dapat digunakan untuk menjangkau pelanggan yang tepat dengan pesan
yang tepat pada waktu yang tepat. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek
dan mendorong konversi.
Secara keseluruhan, jurnal ini
menyimpulkan bahwa AI dan Pemasaran Digital adalah alat yang ampuh yang dapat
digunakan untuk meningkatkan minat beli konsumen. Bisnis harus mempertimbangkan
untuk menggunakan alat ini dalam strategi pemasaran mereka.
Jurnal 3
“Pengaruh Artificial Intelligence, Big
Data Dan Otomatisasi Terhadap Kinerja SDM Di Era Digital” Karya Arya Satya
Pratama, Suci Maela Sari, Maila Faiza Hj, Moh Badwi, Mochammad Isa Anshori
Artikel ini membahas tentang pengaruh
kecerdasan buatan (AI), big data, dan otomatisasi pada kinerja sumber daya
manusia (SDM) di era digital. Artikel ini membahas efek positif dan negatif
dari teknologi ini. AI dan big data dapat meningkatkan tugas SDM seperti
rekrutmen, pelatihan, dan perencanaan tenaga kerja. Otomatisasi dapat
membebaskan profesional SDM untuk fokus pada pekerjaan yang lebih strategis.
Namun, perubahan budaya organisasi dan
kekhawatiran privasi data perlu ditangani. Penting untuk memastikan bahwa
teknologi ini digunakan secara bertanggung jawab dan etis. Organisasi perlu
melatih ulang karyawan mereka dan menciptakan budaya yang mendukung adopsi
teknologi baru. Selain itu, penting untuk memiliki kebijakan privasi data yang
kuat untuk melindungi informasi karyawan.
Jurnal 4
“Inovasi pembelajaran berbasis teknologi
Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0”
Karya Muhammad
Minan Chusni
Artikel ini membahas tentang
penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan di era Industri 4.0 dan
Masyarakat 5.0. Artikel ini membahas pentingnya AI dalam pendidikan dan
kebutuhan guru dan orang tua untuk memahami AI. Penelitian dilakukan dengan menganalisis
sumber primer seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen. Penulis
menemukan bahwa AI dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan
membuatnya lebih efektif. Mereka juga menemukan bahwa AI dapat digunakan untuk
membantu guru dan orang tua memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
Secara keseluruhan, artikel ini
menyimpulkan bahwa AI memiliki potensi untuk merevolusi pendidikan. Namun,
penting untuk menggunakan AI secara bertanggung jawab dan etis. Guru dan orang
tua perlu dilatih tentang cara menggunakan AI secara efektif di kelas dan di
rumah. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa AI digunakan dengan cara yang
melindungi privasi dan keamanan siswa.
Jurnal 5
“Dampak Penggunaan ChatGPT pada Dunia
Pendidikan” Karya Afrizal Zein
Jurnal ini membahas tentang dampak ChatGPT pada pendidikan.
ChatGPT adalah model bahasa besar yang dapat berkomunikasi dan menghasilkan
konten berkualitas manusia. Di masa depan, ChatGPT dapat ditingkatkan untuk
memahami emosi dan mengikuti informasi terbaru.
ChatGPT memiliki potensi untuk menjadi alat yang bermanfaat
dalam pendidikan. Model ini dapat membantu siswa untuk berkomunikasi secara
lebih efektif, memberikan pengalaman belajar yang lebih personal, dan
meningkatkan motivasi belajar.
Namun, penting untuk menggunakan ChatGPT secara bertanggung
jawab dan etis. Guru dan orang tua perlu bekerja sama untuk memastikan bahwa
ChatGPT digunakan dengan cara yang bermanfaat bagi siswa.
Jurnal 6
“Dampak Artificial Intelligence
Terhadap Perekonomian” Karya Satria Lintang Rachmadana, Saiful Aminudin
Alkusuma Putra, Yusron Difinubun.
Artificial Intelligence (AI) telah membawa perubahan
signifikan dalam siklus ekonomi dan pasar tenaga kerja. Penerapan AI
mempengaruhi pengambilan keputusan yang kompleks dalam lingkungan yang penuh
ketidakpastian, mengarah pada peningkatan efisiensi dan produktivitas. Namun,
dampaknya pada pasar tenaga kerja menimbulkan kekhawatiran mengenai peningkatan
pengangguran, terutama di sektor-sektor yang rentan terhadap otomatisasi
seperti administrasi kantor, staf pusat panggilan, dan sektor-sektor pekerjaan
kreatif.
Penelitian menunjukkan bahwa sejumlah besar pekerjaan
berisiko digantikan oleh teknologi, dengan persentase tinggi di negara-negara
berkembang seperti India, Thailand, Cina, dan Ethiopia. Otomatisasi produksi
oleh perusahaan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi melalui penggantian
langsung pekerjaan, peningkatan pelengkap dalam pekerjaan baru yang diperlukan
untuk menjalankan teknologi, dan efek permintaan yang dihasilkan dari
peningkatan produktivitas.
Meskipun AI membawa manfaat dalam meningkatkan produktivitas,
ada kekhawatiran tentang dampak negatifnya, seperti penghapusan komponen
emosional manusia dan kurangnya fleksibilitas dalam beberapa industri. Selain
itu, peningkatan ketidaksetaraan ekonomi juga menjadi isu karena data konsumen
sering dibagikan secara gratis dengan imbalan layanan, yang dapat menimbulkan
masalah privasi dan distribusi pendapatan yang tidak merata.
Secara keseluruhan, meskipun AI menawarkan potensi besar
untuk perbaikan ekonomi, perlu ada perhatian khusus terhadap dampak sosial dan
ekonomi yang diakibatkan oleh otomatisasi dan perubahan teknologi ini.
Jurnal 7
“Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran:
Fenomena Transformasi Otoritas Pengetahuan di Kal angan Mahasiswa” Karya Fera
Andriani Djakfar Musthafa
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana
penggunaan kecerdasan buatan (AI) telah menyebar di kalangan mahasiswa, serta
perubahan signifikan dalam kehidupan intelektual mereka akibat penggunaan AI
yang berlebihan, khususnya terkait transformasi otoritas pengetahuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dan dilakukan di
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan AI dalam pembelajaran, seperti
ChatGPT, chatbot, dan kamus elektronik berbasis AI, terutama karena perkuliahan
mereka terkait dengan penerjemahan bahasa. Penelitian ini juga menemukan bahwa
terjadi transformasi dalam otoritas pengetahuan, di mana otoritas pengetahuan
beralih dari dosen dan buku-buku otoritatif ke situs web/ai yang dapat
diandalkan.
Junal 8
“PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PELAYANAN KESEHATAN : A
SYSTEMATIC REVIEW” Karya Patriot Haryo Trenggono, Adang Bachtiar
Penelitian yang
menggunakan metode Systematic Review dengan pendekatan PRISMA menunjukkan bahwa
AI dapat membantu dalam berbagai aspek kesehatan, termasuk analisis gambar
medis, rekam medis elektronik, pemberian rekomendasi obat, dan protokol
keselamatan pasien. Namun, integrasi AI yang sukses memerlukan pertimbangan
terhadap kebutuhan dan nilai tambah, kesiapan tempat kerja, penerimaan pemangku
kepentingan, dan keselarasan teknologi dengan rencana bisnis dan organisasi.
Selain itu, meskipun ada antusiasme terhadap potensi AI,
terdapat kekhawatiran mengenai keamanan data, bias dalam sumber data, dan
dampak pada biaya perawatan kesehatan. Dokter dan mahasiswa kedokteran
menunjukkan sikap positif terhadap AI, meskipun mereka juga khawatir tentang
dampaknya pada karir mereka. Oleh karena itu, pengembang AI dan pembuat
kebijakan perlu mengumpulkan data perilaku dari dokter untuk menyelaraskan
algoritma AI dengan penalaran klinis manusia dan memastikan AI digunakan
sebagai alat bantu yang efektif dan aman dalam pelayanan kesehatan.
meskipun AI memiliki potensi besar untuk merevolusi bidang
kedokteran, implementasinya harus dilakukan dengan hati-hati, melibatkan
berbagai pemangku kepentingan, dan mempertimbangkan berbagai aspek etis dan
mediko-legal untuk mencapai manfaat yang maksimal dan menghindari risiko yang
tidak diinginkan.
Jurnal 9
“Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi
dan Efektifitas Sistem Pendidikan” Karya Juwika Afrita
AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan
efektivitas sistem pendidikan. Penggunaan berbagai jenis AI seperti chatbots,
sistem tutor AI, sistem analisis keterlibatan siswa, dan sistem deteksi
plagiarisme dapat membantu dalam berbagai aspek pembelajaran. Chatbots
berfungsi sebagai asisten virtual yang memberikan umpan balik sepanjang waktu,
sistem tutor AI menyediakan bimbingan personal yang adaptif, sistem analisis
keterlibatan siswa membantu meningkatkan partisipasi siswa, dan sistem deteksi
plagiarisme mendeteksi kecurangan akademik.
Namun, tantangan seperti privasi dan keamanan data,
peningkatan kemampuan teknis, serta masalah etika dan sosial perlu diatasi
untuk mengimplementasikan AI dalam pendidikan secara efektif. Oleh karena itu,
diperlukan perencanaan dan strategi yang matang untuk memastikan AI dapat
memberikan manfaat optimal bagi siswa dan institusi pendidikan.
Jurnal 10
“SOSIALISASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI SMK DHARMA
WANITA GRESIK UNTUK MENGHADAPIi REVOLUSI INDUSTRI 4.0” Karya Henny Dwi Bhakti,
Umi Chotijah, Agung Gumilang.
Kegiatan sosialisasi AI di Aula SMK Dharma Wanita Gresik pada
7 Maret 2022 berhasil memberikan pemahaman kepada 22 siswa jurusan Komputer.
Materi disampaikan dengan memanfaatkan film populer, seperti "Big Hero
6" dan drama seri Korea "Start Up", untuk memudahkan pemahaman
siswa tentang konsep AI. Film "Big Hero 6" mengilustrasikan
implementasi AI dalam bidang kesehatan melalui karakter Baymax yang dapat
mendiagnosis penyakit dan merawat pasien, sementara "Start Up"
menunjukkan pengembangan AI dalam bidang otomotif dan sosial. Hasil survey
menunjukkan bahwa 16 dari 23 siswa memiliki pemahaman di atas rata-rata 60,
menandakan keberhasilan sosialisasi tersebut dalam meningkatkan pemahaman dasar
AI siswa. Kesimpulannya, kegiatan tersebut berhasil memberikan pemahaman yang
cukup baik kepada siswa tentang konsep dasar AI.
Jurnal 11
“Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Mendukung
Pembelajaran Vokasi” karya Sari Prabandari, Suhardianto
Keberadaan Artificial Intelligence (AI) di dunia ini
menyebabkan berbagai perspektif mengenai penggunaan Artificial Intelligence
(AI) dalam bidang pendidikan. Di satu sisi penggabungan Artificial Intelligence
(AI) dengan kecerdasan alamiah manusia menciptakan potensi di tiap individu
yang lebih maksimal, mendapatkan pencapaian yang lebih besar, dan memperluas
akses informasi bagi mahasiswa dalam pembelajaran mandiri. Salah satu
keuntungan terbesar dalam penggunaan Artificial Intelligence (AI) adalah kemampuannya
dalam mengambil keputusan dengan waktu yang efisien cenderung cepat serta
akurat berdasarkan data yang sudah ada. Namun, disisi lain terdapat potensi
bias dalam penggunaan Artificial Intelligence (AI) di bidang pendidikan, hal
ini dapat dilihat melalui mahasiswa yang saat ini cenderung memilih
mempersingkat waktu research melalui Artificial Intelligence (AI) yang dapat
membantu menyelesaikan tugas secara intens yang menyebabkan kurangnya pemikiran
kritis dan rasional dari mahasiswa. Hal ini menjadi tantangan bersama agar
pemanfaatan AI bisa secara optimal digunakan dalam pembelajaran Vokasi namun
dengan tetap dengan bijak memperhatikan aspek keaslian tugas dan skill
mahasiswa agar siap terjun di dunia kerja.
Jurnal 12
“Media Edukasi Tentang Pentingnya Artificial Intelligence
Bagi Dunia Pendidikan di Daerah Ibu Kota Nusantara (IKN)” Karya Hani Subakti
pentingnya kecerdasan buatan (AI) dalam konteks pendidikan
dan cara menggunakan media informasi, seperti poster, untuk menyampaikan
informasi tentang peran AI dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan
menggambarkan latar belakang AI dan implikasinya dalam dunia pendidikan, Ini
menyoroti perlunya integrasi teknologi AI dalam pembelajaran. Melalui
pengabdian masyarakat yang melibatkan pemasangan poster di sekolah-sekolah,
upaya dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya AI
dalam mengadaptasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individual siswa, yang
merupakan langkah penting menuju pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
Jurnal 13
“IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI BIDANG
ADMINISTRASI PUBLIK PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0” Karya endang supriyadi,
Dianing Banyu Asih
Revolusi industri 4.0 merupakan perkembangan keempat dari
revolusi industri, pada revolusi industri keempat ini banyak penemuan teknologi
baru yang belum pernah ditemukan pada era revolusi sebelumnya, sepereti
Internet of Thing (IOT), percetakan 3D, big data, dan artificial intelligence.
Artificial intelligence merupakan salah satu produk revolusi industri 4.0 yang
perkembangan dan pemanfaatannya telah banyak digunakan dalam kehidupan
sehari-hari dan pada banyak sektor bidang. Artificial intellegence digunakan
untuk meningkatkan pelayanan publik melalui penyediaan aplikasi berbasis
teknologi di bidang administrasi publik. Tulisan ini akan mengkaji tentang
sejauh mana implementasi artificial intelligence pada bidang administrasi
publik, dampak yang timbul dari penerapan artificial intelligence pada bidang
administrasi publik serta kesiapan sumber daya manusia(SDM) pemerintahan dalam
penerapan artificial intelligence.
Jurnal 14
“What is Artificial Intelligence?” Karya Fabio
Morandín-Ahuerma
Pembahasan mengenai kecerdasan buatan (AI) menggali sifatnya
yang beragam, menekankan kemampuannya untuk meniru fungsi kognitif manusia,
seperti penalaran, pembelajaran, dan pemecahan masalah, serta beradaptasi
dengan berbagai situasi. Klasifikasi AI berdasarkan kemampuan kognitif dan
otonominya menyoroti beragam aplikasinya, mulai dari AI lemah atau terbatas
yang melakukan tugas-tugas spesifik hingga kecerdasan super yang melampaui
kemampuan kognitif manusia. Selain itu, potensi AI untuk berinteraksi secara
otonom dengan lingkungannya, membuat keputusan, dan belajar dari situasi baru,
menunjukkan dampak transformatifnya di berbagai sektor, mulai dari kendaraan
otonom hingga ilmu data. Pada akhirnya, kecerdasan, baik manusia maupun buatan,
didefinisikan oleh kemampuannya dalam memecahkan masalah dan beradaptasi,
membentuk lajur perkembangan teknologi dan evolusi sosial.
Jurnal 15
“SEJARAH ARTIFICIAL (AI) DAN FUNGSI DALAM KEHIDUPAN SEHARI
HARI” Karya Gede Raditya Putra
Sejarah kecerdasan buatan (AI) dimulai pada tahun 1950-an
dengan konsep awal tentang program komputer yang dapat meniru kecerdasan
manusia. Setelah mengalami periode stagnasi, AI kembali berkembang pesat pada
tahun 2010-an berkat kemajuan teknologi dan ketersediaan data besar. AI
merupakan cabang ilmu komputer yang mengembangkan sistem komputer untuk
menjalankan tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia, seperti
pemahaman bahasa alami, pengenalan pola, pengambilan keputusan, dan
pembelajaran dari pengalaman. AI digunakan untuk menyelesaikan masalah kompleks
secara cepat dan efisien, khususnya dalam analisis data besar. AI telah
mengalami perkembangan signifikan sepanjang sejarahnya, dengan fungsi yang
melibatkan kemampuan komputer untuk meniru, mendukung, atau melampaui
kecerdasan manusia dalam berbagai tugas.
Jurnal 16
“Penerapan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas
Tunanetra” Karya Mangapul Siahaan, Christopher Harsana Jasa, Kevin Anderson, Melissa
Valentino Rosiana, Satria Lim, Wahyu Yudianto
ada zaman modern ini, kecerdasan buatan (AI) memberikan
kemudahan bagi penyandang disabilitas tunanetra dalam menuntut ilmu dan
menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu teknologi AI yang bermanfaat adalah
pengenalan suara (Speech Recognition), yang mengidentifikasi dan menerjemahkan
suara manusia ke dalam data yang dapat dipahami oleh sistem komputer. Teknologi
ini memungkinkan tunanetra untuk melakukan berbagai kegiatan dengan lebih mudah
dan efisien.
Junal 17
“PENGENALAN APLIKASI CHATBOT BERBASIS TEKNOLOGI ARTIFICIAL
INTELLIGENCE MENGGUNAKAN APLIKASI CHATGPT PADA MAN 1 KOTA TANGERANG SELATAN”
Karya Wiwin Winarti, Edi Maryanto, Dede Handayani.
Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di MAN 1 Kota
Tangerang Selatan dengan memberikan pelatihan tentang pemanfaatan chatbot
berbasis teknologi Artificial Intelligence menggunakan Aplikasi ChatGPT. Metode
pelatihan yang digunakan antara lain ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Hasil
pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap teknologi ChatGPT.
Artikel ini membahas pengenalan aplikasi chatbot berbasis teknologi Artificial
Intelligence menggunakan aplikasi ChatGPT pada MAN 1 Kota Tangerang Selatan,
serta pentingnya penggunaan chatbot dalam pembelajaran matematika. Kegiatan ini
diharapkan dapat mempersiapkan generasi lulusan yang siap untuk industri,
dengan metode kegiatan yang meliputi sosialisasi dan praktik pemanfaatan
chatbot berbasis teknologi Artificial Intelligence.
Jurnal 18
“ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN
KERJA DI BIDANG KELISTRIKAN” Karya Sofyan Mufti Prasetiyo, Apriwinda Rahmayani,
Auli Melania
Kesimpulan dari jurnal tersebut adalah bahwa kecerdasan
buatan, seperti Neural Network, Computer Vision, dan Fuzzy Logic, dapat
diterapkan dalam bidang kelistrikan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi
kerja. Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan dalam bidang grafis, seperti
pelatihan desain grafis menggunakan Adobe Photoshop, pengenalan objek
menggunakan jaringan saraf tiruan, dan aspek budaya dalam desain grafis, juga
dibahas dalam jurnal tersebut. Meskipun kontroversial, penggunaan kecerdasan buatan
di berbagai bidang dapat membawa kemajuan yang signifikan.
Jurnal 19
“DAMPAK PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM” Karya Wiwin Rif’atul Fauziyati.
penggunaan
Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam memiliki
potensi untuk
meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Meskipun demikian,
terdapat dampak negatif seperti ketergantungan siswa pada teknologi AI dan
risiko plagiarisme yang perlu diwaspadai. Penting untuk menggunakan AI dengan
bijak dan mengintegrasikannya dengan baik dalam sistem pembelajaran. Beberapa
penerapan AI dalam pendidikan agama Islam meliputi personalisasi pembelajaran,
penilaian otomatis, tutor virtual, smart content, dan voice assistant. AI
memiliki berbagai metode dan tingkatan, seperti jaringan neural, statistik,
Artificial Narrow Intelligence (ANI), Artificial General Intelligence (AGI),
dan Artificial Super Intelligence (ASI), yang dapat memberikan dampak positif
dalam pembelajaran agama Islam.
Jurnal 20
“Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital
dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva” Karya Tiar Aulia
Maulid, Maulana, Isrok’atun.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, keterampilan guru
dalam membuat media pembelajaran digital menggunakan aplikasi Canva dengan
artificial intelligence mengalami peningkatan signifikan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa setelah menggunakan Canva dengan fitur artificial
intelligence, guru mampu membuat media pembelajaran yang lebih menarik,
interaktif, dan efektif. Guru juga dapat menambahkan permainan atau alat
simulasi digital dalam media pembelajaran, sehingga peserta didik dapat
berperan aktif dalam pembelajaran.
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa setelah pelatihan,
guru-guru di SDN Dukuhwaluh mampu membuat media pembelajaran menggunakan Canva
dengan lebih baik. Mereka berhasil menciptakan media pembelajaran yang menarik,
efektif, dan mampu menyampaikan materi dengan baik.
Penggunaan aplikasi Canva dengan artificial intelligence
memungkinkan guru untuk membuat desain yang menarik dan efisien. Teknologi
artificial intelligence pada Canva memberikan saran untuk gaya desain yang
tepat, rekomendasi warna, dan font yang sesuai dengan tujuan penggunaan desain
tersebut. Dalam dunia pendidikan, Canva memungkinkan guru untuk membuat
presentasi yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Canva
dengan artificial intelligence dapat meningkatkan keterampilan guru dalam
membuat media pembelajaran digital, sehingga pembelajaran menjadi lebih
menarik, interaktif, dan efektif bagi peserta didik.
Penutup
Dalam kajian literatur ini, telah dibahas berbagai perspektif
dan temuan dari 20 jurnal terkait dengan Artificial Intelligence (AI). AI terus
menunjukkan perkembangan yang signifikan dan telah membawa perubahan mendalam
di berbagai sektor, termasuk kesehatan, pendidikan, industri, dan layanan
konsumen. Dengan memahami beragam pendekatan, aplikasi, dan tantangan yang
dihadapi dalam implementasi AI, kita dapat melihat potensi dan arah
perkembangan teknologi ini di masa depan.
Secara keseluruhan, literatur yang telah dianalisis
menunjukkan bahwa AI bukan hanya sebuah tren teknologi sementara, tetapi sebuah
revolusi yang akan terus mengubah cara kita hidup dan bekerja. Masa depan AI
menjanjikan banyak peluang baru, namun juga menuntut kebijaksanaan dan
kehati-hatian dalam penerapannya. Penelitian lebih lanjut dan diskusi yang
mendalam akan sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dari AI sekaligus
meminimalkan risiko.
Daftar Pustaka
Dwi Bhakti, H., Chotijah, U.,
Gumilang, A., & Author, C. (2022). SOSIALISASI ARTIFICIAL
INTELLIGENCE (AI) DI SMK DHARMA WANITA GRESIK UNTUK MENGHADAPIi REVOLUSI
INDUSTRI 4.0. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1),
7–11. https://doi.org/10.53860/LOSARI.V4I1.82
Fauziyati, W. R. (2023).
DAMPAK PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4),
2180–2187. https://doi.org/10.31004/JRPP.V6I4.21623
Lintang Rachmadana, S.,
Aminudin, S., Putra, A., & Difinubun, Y. (2022). Dampak Artificial
Intelligence Terhadap Perkonomian. 2(2), 71–82.
Maria Pangkey, F., Furkan, L.
M., Edy Herman, L., Kunci, K., & Pangkey, M. (2019). PENGARUH ARTIFICIAL
INTELLIGENCE DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. 8(3),
258–269. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i3.448
Pakpahan, R. (2021). Analisa
Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia. JISICOM
(Journal of Information System, Informatics and Computing), 5(2),
506–513. https://doi.org/10.52362/JISICOM.V5I2.616
Pengabdian, J., &
Akademik, M. (2024). Media Edukasi Tentang Pentingnya Artificial Intelligence
Bagi Dunia Pendidikan di Daerah Ibu Kota Nusantara (IKN). JURNAL PENGABDIAN
MASYARAKAT AKADEMISI, 2(1), 56–60.
https://doi.org/10.59024/JPMA.V2I1.603
PENGENALAN APLIKASI CHATBOT
BERBASIS TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN APLIKASI CHATGPT PADA
MAN 1 KOTA TANGERANG SELATAN | Abdi Jurnal Publikasi. (n.d.). Retrieved July 9,
2024, from https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/article/view/389
Prabandari, S., &
Suhardianto. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Mendukung
Pembelajaran Vokasi. ENCRYPTION: Journal of Information And Technology, 2(2),
62–68. https://doi.org/10.58738/ENCRYPTION.V2I2.489
Prasetiyo, S. M., Rahmayani,
A., & Melania, A. (2023). ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM KESEHATAN DAN
KESELAMATAN KERJA DI BIDANG KELISTRIKAN. OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan
Sains, 2(08), 2214–2216.
https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/1567
Pratama, A. S., Satya
Pratama, A., Sari, S. M., Hj, M. F., Badwi, M., & Anshori, I. (2023).
Pengaruh Artificial Intelligence, Big Data Dan Otomatisasi Terhadap Kinerja SDM
Di Era Digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 108–123.
https://doi.org/10.55606/JUPIMAN.V2I4.2739
Rachmadana, S. L., Putra, S.
A. A., & Difinubun, Y. (2022). Dampak Artificial Intelligence Terhadap
Perekonomian. Financial and Accounting Indonesian Research, 2(2),
71–82. https://doi.org/10.36232/JURNALFAIRAKUNTANSIUNIMUDA.V2I2.3837
Siahaan, M., Jasa, C. H.,
Anderson, K., Rosiana, M. V., Lim, S., & Yudianto, W. (2020). Penerapan
Artificial Intelligence (AI) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra.
Journal of Information System and Technology (JOINT), 1(2),
186–193. https://doi.org/10.37253/JOINT.V1I2.4322
Supriadi, S. R. R. P., Haedi,
S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi
Artificial Intelligence dalam pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0.
https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mipa/article/view/4036
Trenggono, P. H., & Bachtiar,
A. (2023). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PELAYANAN KESEHATAN : A
SYSTEMATIC REVIEW. Jurnal Ners, 7(1), 444–451.
https://doi.org/10.31004/JN.V7I1.13612
Zein, A. (2023). Dampak Penggunaan ChatGPT pada Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika Utama, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.55903/JITU.V1I2.151
Komentar
Posting Komentar