Menemukan Diri dalam Kajian Seni Rupa dan Desain

    Nama   : Achmad Fatih Maulana Arrasyid

    NPM     : 202246500179

    Kelas    : R4C

    Kajian Seni Rupa dan Desain


    Hallo saya Achmad Fatih Maulana Arrasyid, biasa dipanggil Fatih. Penulisan pertama saya pada halaman blog kali ini ingin memperkenalkan diri serta menceritakan pengalaman yang selama ini saya lalui dalam bidang seni dan desain. Dari awal mulai tertarik hingga sekarang saya kuliah di Universitas Indraprasta PGRI prodi Desain Komunikasi Visual.

    Perkenalkan saya Achmad Fatih Maulana Arrasyid lahir di Jakarta pada 8 Oktober 2003. Anak pertama dari 4 bersaudara dan tinggal bersama keluarga di daerah Jakarta Timur. Mempunyai kepribadian Ambivert. Dalam hal bersosialisasi bisa menjadi lawan bicara dan pendengar yang baik tapi terkadang cenderung lebih suka menghabiskan waktu sendiri. Saya hobi menggambar, bermain game, membaca, dan menonton film. saya juga menyukai binatang peliiharaan. Cukup sekian perkenalan diri saya. Untuk pengalaman dalam seni dan desain, silahkan membaca paragraf berikutnya.

    Hai, bagaimana udah kenal Fatih? Sekarang saya ingin menceritakan pengalaman saya. Awal mulai tertarik menggambar pada usia 10 tahun. Namun, sempat berhenti karena merasa jenuh. lalu menekuni kembali pada saat masuk SMK jurusan Multimedia. Ya, nama jurusan yang sebagian besar sekarang berubah menjadi DKV. Pada awal masuk SMK langsung antusias pada jurusan ini, karena terkait dengan bidang kreatif seperti editing, fotografi, desain dan menggambar. Dari sana saya dapat banyak ilmu-ilmu dasar. Saya pun banyak mencari pengalaman dari sekolah ini, seperti menjadi fotografer setiap event, eskul jurnalistik yang terkait desain, writing dan fotografi. Selain itu, pada kelas 11 menjalani magang atau PKL di Taman Mini Indonesia Indah. namun setelah 2 bulan harus terpaksa berhenti magang dikarenakan Covid-19

    Singkat cerita, saya lulus dari SMK tahun 2021 dan sempat bingung ingin melanjutkan pendidikan atau tidak. Pada akhirnya memutuskan untuk gapyear selama setahun dan melanjutkan kerja. Yang dimana mencari pekerjaan saat itu sulit karena efek dari pandemi. Kesempatan gapyear ini tidak disia siakan, saya belajar banyak hal baru sampai pada titik mencoba membuka jasa freelance di suatu platform. Setelah Memasuki akhir tahun 2022 saya tertuju untuk daftar di Universitas Indraprasta karena terdapat prodi Desain Komunikasi Visual. Jurusan yang kental akan seni, dimana dinding penuh dengan mural dan lukisan.

    Semester 1. Di semester ini saya mencoba beradaptasi pada lingkungan, pertemanan, serta mata kuliah yang ada. Sejujurnya sempat kaget karena mahasiswanya hampir semua jago menggambar. Sedangkan saya tidak terlalu expert dalam bidang ini. Selain itu, Mata kuliah semester 1 dibuat terkejut karena adanya dwimatra.Ya, itu pertama kalinya saya melukis setelah kurang lebih 5 tahun. Terlebih lagi harus melukis pada media triplek yang tidak sesuai ekspektasi. Karena saya kira awalnya akan melukis di media seperti kanvas. Meskipun begitu saya dapat melaluinya, ya walaupun tidak semulus yang saya kira. 

    Setelah 4 bulan menjalani perkuliahan. Saya merasa harus memperdalam ilmu seni dan desain ini agar tidak tertinggal dengan yang lain. Saat liburan selama 2 bulan, saya habiskan dengan menggambar, mencari tahu teknik-teknik yang efektif, menonton tutorial menggunakan software yang dirasa asing, serta mencari tahu tujuan karir saya.

    Setelah liburan berlalu dan usai bertarung dengan mata kuliah semester 1. Kemudian tiba lah semester 2. Di semester ini saya lebih senang karena terdapat mata kuliah yang saya minati seperti karakter visual, yang memungkinkan saya untuk belajar anatomi tubuh manusia  dari mulai kaki hingga kepala, sampai balita hingga dewasa. Dan menggambar dengan style masing-masing. Lebih senang bukan berarti tidak stress. Karena terdapat juga mata kuliah yang menurut saya sulit, yaitu trimatra. karena harus membuat seni 3 dimensi dari bahan bahan yang unik. Namun terkadang saya merasa puas akan hasil yang didapat setelah mengerjakannya.

    Semester 3. Tidak Terasa ya udah sampai semester 3. Semester ini saya sedikit lebih tenang karena setelah UTS berlalu, sekitar 70% pengerjaan dilakukan digital yang saya sendiri pernah mempelajarinya saat duduk di bangku SMK. seperti mata kuliah DKV1 yang membuat layout di Adobe Illustrator, Gambar Illustrasi yang membuat komik dan animasi di Clip Studio Paint. Banyak ilmu yang didapat dari semester 3, walaupun hampir setiap tugas bergadang karena begitu numpuk. Namun terbayarkan dengan nilai yang meningkat dari semester lalu.

    Sekarang saya sudah semester 4, saya harap berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian cerita proses singkat kehidupan saya mengenai "Menemukan Diri dalam Kajian Seni Rupa dan Desain" mungkin bisa menjadi referensi untuk teman teman kedepannya. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM DRAMA KOREA BIG MOUTH

MENERKA DAMPAK SENI SETELAH ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEMPURNA

ANALISIS KERANGKA TEORITIK POSTER FILM “PARASITE”